Wednesday, February 25, 2009

MEMULAI USAHA DISTRO DAN CLOTHING

Berawal dari banyak dan beragamnya pertanyaan dari teman-teman yang mampir ke beberapa pemilik artikel yang notabennya pemilik Distro atau clothing yang sudah sukses. Walaupun saya belum sukses dan baru merintis, namun izinkanlah saya berbagi sedikit pengalaman saya Bagaimana memulai usaha distro dan Clothing. Sekali lagi tidak bermaksud untuk menggurui atau melangkahi para suhu dan master di bidang distro dan clothing.

Memuali usaha distro perlu persiapan yang serius jika hasil yang kita inginkan pun serius. Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah:

1.Konsep.


Konsep adalah dasar dari semua yang bakal kamu tempuh berikutnya. Dengan adanya konsep maka karakteristik dan aliranpun akan terbentuk dengan sendirinya, mulai dari desain, tempat hinga pasar. Kamu bisa mengusung konsep idealis, semi idealis atau kosep yang mengikuti mode dan permintaan pasar.


A.Konsep idealis biasanya mengusung aliran musik atau komunitas tertentu. Kelebihan mengusung konsep ini adalah konsumen dan pembeli sangat loyal, cukup dengan promosi dari mulut ke mulut atau pendekatan langsuk pada komunitas pun sudah cukup. Namun kelemahannya adalah kita membatasi segmen pasar tujuan kita khusus pada satu komunitas atau aliran tertentu.


B.Konsep semi idealis ini biasanya mengusung konsep aliran atau komunitas, namun tidak dibatasi pada aliran dan komunitas tertentu dan disajikan tidak begitu ekstrim, sederhana namun tetam memiliki pesan-pesan komunitas atau aliran.


C.konsep yang ketiga inilah yang banyak di usung oleh distro-distro pada umumnya, baik di kota-kota mode seperti bandung, Jakarta dan Surabaya maupun di Daerah-daerah( tanpa merendahkan arti dan peran Daerah ko he he he). Karena konsep ini sangat fleksibel dan cenderung berubah-ubah mengikuti perubahan mode. Bahkan tidak sedikit yang latah, akut-ikutan, bahkan mencontek konsep desain distro lain ( Produk distro dan clothing )


2.4 P


Setelah mengetaui konsep apa yang mau di usung, maka hal berikut yang harus kita ketahui adalah 4 P. APA TUH 4 P? 4P adalah Produk. Price, Place n Promotion.

A.Produk.


Maksudnya adalah kita harus mengkaji dulu produk apa saja dan seprti apa yang akan kita jual, Baik dari jenis dan kualitas produk yang akan kita jual. Dianjurkan iangan mencampur produk dproduk clothing ternama dengan yang biasa atau mencampur kualitas baik dengan yang biasa atau harga yang mahal dan yang murah, Karena akan mempengaruhi image usaha distro anda dan kepercayaan konsumen ( kalaupun anda hendak menjual beberapa prodak yang kualitas dan harga mencoloh pisahkan rak display berjauhan )

B.Price.


Setelah tau produk apa aja dan kualitas seperti apa yang akan kita jual, maka selanjutnya kita bisa menentukan kira-kira berapa harga produk yang akan kita jual dan berapa estimasi keuntungannya ( kalaw kita ga tau kualitas produk kita bagaimana kita bisa mematok harga sesui dengan kualitas agar konsumen puas )


C.Setelah menganalisis kualitas dan menentukan harga baru kita bisa menimbang-nimbang untuk menentukan tempat penjualan. Mengapa demikian? Karena jika kita menentukan harga kaos dengan harga Rp 75000 maka kita harus mencari tempat yang lokasinya straregis atau tempat yang sering dikunjungi konsumen pada tinggkat ekonomi menengah ke atas. Dan sebaliknya jika minjual produk dengan harga murah di tempat yang sering di kunjungi oleh konsumen tingkat ekonomi ke atas maka produk kita bukannya akan laku keras melainkan akan di anggap murahan, kecuali pada saat diskon ( hal ini akan saya ulas di posting berikutnya )


D.Yang berikutnya adalah promosi. Setelah analisis kualitas produk, harga dan tempat penjualan maka kita akan tau cara berpromosi dan ke segmen pasar dan kalangan mana saja produk kita akan di promosokan yang nantinya akan di jual.


Inilah hal-hal mendasar yang bersifat tehnis yang perlu teman-teman lakukan dulu jika ingin memulai usaha distro, agar usaha yang akan dirintis sukses atau tidak mengecewakan rekan-rekan sekalian. Setelah melakukan seperti ulasan di atas teman-teman bisa tau brapa modal untuk memulai usaha distro.


Untuk lebih rinci lagi akan saya bahas lagi tahap-tahap yang lebih tehnis dan strategi menjalankan usaha distro.


Semoga bermanfaat.

6 comments:

  1. trus barang-barangnya di suplai dari mana aja,,,,???

    ReplyDelete
  2. klw mau bikin distro brarti suplai barang dari clothing, ada yang konsinyasi ada juga yang jual putus, tergantung negosiasi dan kesepakatan......
    klw mau bikin clothing berarti harus punya desainer n vendor yang bakal jadi tim produksi kamu......

    ReplyDelete
  3. kira" modal untuk usaha distro berapa y??

    ReplyDelete
  4. ga ada perincian yang pasti untuk membuka suatu usaha, beda tempat n beda daerah beda juga biaya nya........
    masukan untuk shuin adalah coba cari tau tahapannya. apa yang perlu anda lengkapi n baru kalkulasikan semuanya, produk, price, place n promotion, juga concept, setelah itu baru arahkan ke segmen pasar yang sesuai........

    ReplyDelete