Saturday, February 28, 2009

kutipan "how to start business distri and clothing

How to start business distro and clothing part 1.

CLOTHING adalah istilah untuk menyebut perusahaan pembuat T-shirt. Istilah lengkapnya adalah Clothing Company atauu perusahaan yang memproduksi pakaian jadi di bawah werek sendiri, clothing merupakan kategori untuk merek yang mengeluarkan produk pakaian jadi. Pakaian jadi ini sebagian besar adalah t_shirt yang kemudian berkembang ke berbagai perlengkapan yang menunjang gaya hidup seperti kemeja, sepatu, kacamata, jam tangan bahkan mp3 player
Sedangkan DISTRO merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet yang fogsinya menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company lokal yang memproduksi sendiri produknya( t_shirt, tas, dompet, jaket, dan lain-lain) yang karena belum punya pemasaran sendiri ataupun sekedar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, maka tentunya clothing compani sangat berhubungan baik dan saling membutuhkan
Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk untuk setiap desainnya. Clothing Company seperti Ouval, eat 347, unkl 347, Two clothes, Aurel, Flash jack, Black jack dan lain-lain memang membatasi kuantitas produknya dengan hanya satu kali produksi untuk satu desain. Distro juga memiliki suasana akrab sehingga konsumen merasa nyama untu mampir dan berbelanja.
Walaopun bisnis distro terkesan indie, namun efeknya bisa menggeser merek-merek lokal yang bermodal beser. Keunggulan distro adalah penyediaan produk yang memiliki desain yang sangat eksklusif baik berupa tulisan atau gambar yang memiliki makna lebih yang bisa menarik perhatian orang-orang muda yang selalu ingin tampil beda.

how to start business Distro and Clothing part 2.

Setelah membaca artikel saya yang pertama "how to start business Distro and Clothing" Anda punya jiwa seni? atau sekedar hobi mendesain? BAGAIMANA caranya agar hobi atau jiwa seni anda bisa menjadi bisnis yang menguntungkan? bukankah merek-merek clothing seperti eat 347, unkl 347, ouval research, Badger dan Airplan bermula dari hoby dan komunitas? tentusaja tidak semudah yang kita bayangkan. Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam memulai bisnis distro ataw Clothing Compani adalah:


1. Memilih nama dan mendesain logo perusahaan.

Nama tersebut harus menarik perhatian dan kepercayaan dari calon konsumen potensial yang kita sasar, Sebelum memutaskan nama perusahaan, pertimbangkan dulu konsep desain logo. Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe, karakter atau konsep melalui logo atau simbol, Oleh karena pentingnya logo maka tidak heran para pengusaha besar berani mengeluakan dana yang sangat besar untuk membayar konsultan atau desainer handal. Sebaiknya desain loga ataw lambang tidak rumit, cukup dengan kata aau gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat tentunya.

2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bidang bisnis atau konsep bisnis.

3. Mencari ataw mwngefaliasi pasar yang menjadi target pemasaran. Cara manual dalam mencari segmen pasar adalah melalui promosi mulut-ke mulut pada teman-teman atau komunitas yang kita punya. Kemudian bisa membuat brisur untuk promosi atau membuat stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau komunitas. Memulai usaha clothin dapat dimulai dengan modal yang tidak begitu besar, yang paling penting memiliki kemampuan, memiliki tekad yang kuat, komunikatif dan memiliki ruang lingkup atau komunitas.


Slengkapnya tripelji.blogspot.com dan juga nwnsa.blogspot.com

Wednesday, February 25, 2009

MEMULAI USAHA DISTRO DAN CLOTHING

Berawal dari banyak dan beragamnya pertanyaan dari teman-teman yang mampir ke beberapa pemilik artikel yang notabennya pemilik Distro atau clothing yang sudah sukses. Walaupun saya belum sukses dan baru merintis, namun izinkanlah saya berbagi sedikit pengalaman saya Bagaimana memulai usaha distro dan Clothing. Sekali lagi tidak bermaksud untuk menggurui atau melangkahi para suhu dan master di bidang distro dan clothing.

Memuali usaha distro perlu persiapan yang serius jika hasil yang kita inginkan pun serius. Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah:

1.Konsep.


Konsep adalah dasar dari semua yang bakal kamu tempuh berikutnya. Dengan adanya konsep maka karakteristik dan aliranpun akan terbentuk dengan sendirinya, mulai dari desain, tempat hinga pasar. Kamu bisa mengusung konsep idealis, semi idealis atau kosep yang mengikuti mode dan permintaan pasar.


A.Konsep idealis biasanya mengusung aliran musik atau komunitas tertentu. Kelebihan mengusung konsep ini adalah konsumen dan pembeli sangat loyal, cukup dengan promosi dari mulut ke mulut atau pendekatan langsuk pada komunitas pun sudah cukup. Namun kelemahannya adalah kita membatasi segmen pasar tujuan kita khusus pada satu komunitas atau aliran tertentu.


B.Konsep semi idealis ini biasanya mengusung konsep aliran atau komunitas, namun tidak dibatasi pada aliran dan komunitas tertentu dan disajikan tidak begitu ekstrim, sederhana namun tetam memiliki pesan-pesan komunitas atau aliran.


C.konsep yang ketiga inilah yang banyak di usung oleh distro-distro pada umumnya, baik di kota-kota mode seperti bandung, Jakarta dan Surabaya maupun di Daerah-daerah( tanpa merendahkan arti dan peran Daerah ko he he he). Karena konsep ini sangat fleksibel dan cenderung berubah-ubah mengikuti perubahan mode. Bahkan tidak sedikit yang latah, akut-ikutan, bahkan mencontek konsep desain distro lain ( Produk distro dan clothing )


2.4 P


Setelah mengetaui konsep apa yang mau di usung, maka hal berikut yang harus kita ketahui adalah 4 P. APA TUH 4 P? 4P adalah Produk. Price, Place n Promotion.

A.Produk.


Maksudnya adalah kita harus mengkaji dulu produk apa saja dan seprti apa yang akan kita jual, Baik dari jenis dan kualitas produk yang akan kita jual. Dianjurkan iangan mencampur produk dproduk clothing ternama dengan yang biasa atau mencampur kualitas baik dengan yang biasa atau harga yang mahal dan yang murah, Karena akan mempengaruhi image usaha distro anda dan kepercayaan konsumen ( kalaupun anda hendak menjual beberapa prodak yang kualitas dan harga mencoloh pisahkan rak display berjauhan )

B.Price.


Setelah tau produk apa aja dan kualitas seperti apa yang akan kita jual, maka selanjutnya kita bisa menentukan kira-kira berapa harga produk yang akan kita jual dan berapa estimasi keuntungannya ( kalaw kita ga tau kualitas produk kita bagaimana kita bisa mematok harga sesui dengan kualitas agar konsumen puas )


C.Setelah menganalisis kualitas dan menentukan harga baru kita bisa menimbang-nimbang untuk menentukan tempat penjualan. Mengapa demikian? Karena jika kita menentukan harga kaos dengan harga Rp 75000 maka kita harus mencari tempat yang lokasinya straregis atau tempat yang sering dikunjungi konsumen pada tinggkat ekonomi menengah ke atas. Dan sebaliknya jika minjual produk dengan harga murah di tempat yang sering di kunjungi oleh konsumen tingkat ekonomi ke atas maka produk kita bukannya akan laku keras melainkan akan di anggap murahan, kecuali pada saat diskon ( hal ini akan saya ulas di posting berikutnya )


D.Yang berikutnya adalah promosi. Setelah analisis kualitas produk, harga dan tempat penjualan maka kita akan tau cara berpromosi dan ke segmen pasar dan kalangan mana saja produk kita akan di promosokan yang nantinya akan di jual.


Inilah hal-hal mendasar yang bersifat tehnis yang perlu teman-teman lakukan dulu jika ingin memulai usaha distro, agar usaha yang akan dirintis sukses atau tidak mengecewakan rekan-rekan sekalian. Setelah melakukan seperti ulasan di atas teman-teman bisa tau brapa modal untuk memulai usaha distro.


Untuk lebih rinci lagi akan saya bahas lagi tahap-tahap yang lebih tehnis dan strategi menjalankan usaha distro.


Semoga bermanfaat.

Monday, February 23, 2009

peluang usaha distro n clothing

Beberapa tahun terakhir setelah krisis global tahun 1998, UKM atau usaha kecil menengah menjadi sorot perhatian pemerintah. Hal itu terjadi bukan karena tanpa alasan melainkan Ukm satu-satunya sektor ekonomi yang tidah terkena imbas krismon, malah cenderung menguat. Hal ini dekarenakan UKm merupakan usaha yang pada dasarnya sebagian besar merupakan madal pribadi, kalauppun ada yang mendapatkan bantuan pinjaman kredit dari BANK jumblahnya tidah terlalu besar, Dan UKM tidak menerapkan unsur spekulasi dalam memproduksi dan memasarkan produknya. Hal itulah yang disadari oleh semua kalangan.
Kesempatan itu pulalah yang tidak disia-sia kan oleh semua pihak. UKM menjamur karenna tidak hanya mendapat perhatian namun mendapat bantuan dana untuk pengembangan ukm. Distro n clothing adalah salah satu peluang usaha yang sangat prospectif. peluang usaha distro n clothing ini juga membuat peluang usaha atau pelung kerja bagi orang-kreatif mulai dari mahasiswa yang berkuliah di jurusan desain sampai pada orang awam yang memiliki bakat alami dalam mendesain dan menjadi pengrajin sablon.
Mahasiswa yang berbakat, kreatif serta memiliki kemauan yang kuat biasanya menciptakan karya-karya desain mereka yang nantinya dapat dijual kepada clothing yang membutuhkan desain kreatif untuk produk kaos oblongnya, atau bahkan mereka membuat desan dan memaklunkan kaosnya kepada pengrajin yang nantinya akan menjual kaos buatan mereka ke teman-teman kampusnya.
Distro n cloting adalah berbeda namun saling berkaitan. Masih banyak orag beranggapan bahwaa clothing adalah distro dan sebaliknya. Clothing adalah suatu bidang usaha yang memproduksi suatu produk pakayan atau mode dengan menggunakan Brand atau merek sendiri. mereka bisa memasarkannya sendiri atau bekerja sama dengan distro untukmemasarkannya. Sedanggjkan distro adalah bidang usaha yang hanya memasarkan produk dari clothing tertentu. Namun ada juga clothing yang merangkap sekaligus distro seperti unkl 347.
Namun wlaupun berpredikan clothing bukan berarti semua produksi dikerjakan sendiri. Pada umumnya mereka mengerjakan hanya sampai taham mendesai gambar saja, selebihnya seperti sablon, jait serta packing dipercayaka pada pengrajin yang menjadi partner. Untuk di bandung pengrajin yang sudah berpengalaman untuk sablon berada di daerah muara rajeun tau disepanjang jalan suropati-cicaheum. Begitu juga untuk jasa jahit atau conveksi.
Jadi untuk tareman-tareman dan karawan-karawan yang ingin memanfaatkan peluang ini saya bisa bantu informasi semampu saya. Atau hanya sekedar ingin membuat kaos promosi, kaos olahraga atau kaos n jaket angkatan saya bisa bantu bagaimana caranya agar mendapat harga murah.
Semoga bermanfaat.