Monday, February 23, 2009

peluang usaha distro n clothing

Beberapa tahun terakhir setelah krisis global tahun 1998, UKM atau usaha kecil menengah menjadi sorot perhatian pemerintah. Hal itu terjadi bukan karena tanpa alasan melainkan Ukm satu-satunya sektor ekonomi yang tidah terkena imbas krismon, malah cenderung menguat. Hal ini dekarenakan UKm merupakan usaha yang pada dasarnya sebagian besar merupakan madal pribadi, kalauppun ada yang mendapatkan bantuan pinjaman kredit dari BANK jumblahnya tidah terlalu besar, Dan UKM tidak menerapkan unsur spekulasi dalam memproduksi dan memasarkan produknya. Hal itulah yang disadari oleh semua kalangan.
Kesempatan itu pulalah yang tidak disia-sia kan oleh semua pihak. UKM menjamur karenna tidak hanya mendapat perhatian namun mendapat bantuan dana untuk pengembangan ukm. Distro n clothing adalah salah satu peluang usaha yang sangat prospectif. peluang usaha distro n clothing ini juga membuat peluang usaha atau pelung kerja bagi orang-kreatif mulai dari mahasiswa yang berkuliah di jurusan desain sampai pada orang awam yang memiliki bakat alami dalam mendesain dan menjadi pengrajin sablon.
Mahasiswa yang berbakat, kreatif serta memiliki kemauan yang kuat biasanya menciptakan karya-karya desain mereka yang nantinya dapat dijual kepada clothing yang membutuhkan desain kreatif untuk produk kaos oblongnya, atau bahkan mereka membuat desan dan memaklunkan kaosnya kepada pengrajin yang nantinya akan menjual kaos buatan mereka ke teman-teman kampusnya.
Distro n cloting adalah berbeda namun saling berkaitan. Masih banyak orag beranggapan bahwaa clothing adalah distro dan sebaliknya. Clothing adalah suatu bidang usaha yang memproduksi suatu produk pakayan atau mode dengan menggunakan Brand atau merek sendiri. mereka bisa memasarkannya sendiri atau bekerja sama dengan distro untukmemasarkannya. Sedanggjkan distro adalah bidang usaha yang hanya memasarkan produk dari clothing tertentu. Namun ada juga clothing yang merangkap sekaligus distro seperti unkl 347.
Namun wlaupun berpredikan clothing bukan berarti semua produksi dikerjakan sendiri. Pada umumnya mereka mengerjakan hanya sampai taham mendesai gambar saja, selebihnya seperti sablon, jait serta packing dipercayaka pada pengrajin yang menjadi partner. Untuk di bandung pengrajin yang sudah berpengalaman untuk sablon berada di daerah muara rajeun tau disepanjang jalan suropati-cicaheum. Begitu juga untuk jasa jahit atau conveksi.
Jadi untuk tareman-tareman dan karawan-karawan yang ingin memanfaatkan peluang ini saya bisa bantu informasi semampu saya. Atau hanya sekedar ingin membuat kaos promosi, kaos olahraga atau kaos n jaket angkatan saya bisa bantu bagaimana caranya agar mendapat harga murah.
Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. uhui distro yach ??

    emang bandung tempatnya and pengrajin conveksi.. selamat dah and sukses

    ReplyDelete
  2. Thanks bgt bwt jaloe dah ngasih coment. Baru merintis ko mas. Kenal blog aja baru 2 mingguan. Saya kasih kaos buat mas jaloe cuma2 sbg pengunjung pertama. klw bersedia kirim alamat lengkap n jelas, tapi ongkos kirim dibebanin ke mas jaloe. ok

    ReplyDelete
  3. wahh...keren nie.,pas bgt sma planning saia.
    almatx dmn??

    ReplyDelete